Powered By Blogger

Jenis amfibi yang telah hilang ditemukan kembali..

Minggu, 23 Januari 2011

Setelah penemuan katak Minimus Pristiminatis, jenis katak terkecil lain di dunia yang hampir tidak terdeteksi keberadaannya selama bertahun-tahun & dipercaya sudah punah ditemukan di hutan kepulauan Kalimantan yang lebat. Diberi nama Microhyla nepenthicola, katak yang ukurannya hanya sebiji kacang ini terlihat di lokasi sebuah gunung di Kubah National Park di Malaysia.


Nama katak ini diambil dari nama ilmiah spesies tanaman kendi yang dikenal sebagai Nepenthes Ampullaria. Katak ini berkembang biak pada jenis tanaman dengan menyimpan telur telurnya di dalam tanaman yang berbentuk kendi ini. Karena berbentuk kendi, tanaman ini mampu menampung air hujan dan disinilah kecebong katak ini tumbuh. Saat dewasa, katak ini hanya bisa mencapai ukuran panjang ½ inci.
Kecebong Microhyla Nepenthicola
Yang mempermudah penemuan katak ini adalah suara ‘panggilannya’. Nyanyian katak ini terdengar luar biasa dan dimulai dari matahari terbit hingga menjelang petang dengan karakterisasi suara menguak yang berkelanjutan diantara jeda pendek yang dilakukan di dalam tanaman kendi.
Penemuan ini diharapkan akan menjelaskan tentang pemahaman para ahli dalam hal perubahan yang kita alami dalam lingkungan kita saat ini. Hewan amfibi dikenal sangat sensitif jika ada perubahan di lingkungan mereka, itulah sebabnya mengapa kelompok hewan ini terus berada dalam bahaya kepunahan walaupun sebenarnya keberadaan mereka berarti mengontrol populasi serangga yang bisa menyebabkan penyakit bagi manusia.

http://www.satwaunik.com/info-reptiles-terbaru/jenis-amfibi-yang-telah-hilang-ditemukan-kembali/#more-1108

0 komentar:

Posting Komentar

IKLAN

Jaga kelestarian hewan-hewan yang ada didunia ini dan jangan sampai populasinya hilang dari muka bumi ini..... tolong partisipasinya...
reezall armour. Diberdayakan oleh Blogger.